Tuesday, October 18, 2011

Math Defense


           A. LATAR BELAKANG MASALAH
Matematika dianggap pelajaran paling sulit di sekolah. Siswa dianggap pintar jika mendapat nilai bagus di pelajaran matematika. Meskipun pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, tapi itulah kenyataannya. Oleh karena itu, banyak orang tua siswa yang ingin mengenalkan dunia belajar matematika untuk putra-putrinya. Banyak metode-metode yang digunakan untuk belajar metematika, namun tidak semua metode yang dijalankan membuat anak menjadi pintar matematika.
Banyak faktor yang menyebabkan matematika dianggap pelajaran sulit, diantaranya adalah karakteristik materi matematika yang bersifat abstrak, logis, sistematis, dan penuh dengan lambang-lambang dan rumus yang membingungkan.  Selain itu, pengalaman belajar matematika bersama guru yang tidak menyenangkan atau guru yang membingungkan, turut membentuk sikap negatif siswa terhadap pelajaran matematika. Akibatnya nilai matematika siswa Indonesia rendah dan matematika menjadi pelajaran yang dibenci.

Namun bagaimanakah supaya belajar matematika tidak membosankan? Bahkan menjadikan matematika itu asyik dalam mempelajarinya?. Ya, semua itu ada jawabannya. Game lah yang menjadi alternatif supaya belajar matematika menjadi tidak membosankan. Dikarenakan kebanyakan dari anak-anak suka bermain game, maka alternatif ini menjadi jalan keluar dalam mempelajari matematika.  
Banyak game yang beredar belakangan ini, namun tidak semua game tersebut menjadikannya manfaat bagi perkembangan anak, malahan sebagian besar dari game tersebut hanya menonjolkan unsur hiburan saja.  Tentunya hal hanya akan menjadikan anak-anak bodoh karena tidak adanya unsur edukasinya.
Untuk itulah dibuat game “Math Defense” yang tidak hanya menyuguhkan unsur hiburannya saja, namun lebih mengedepankan unsur edukasinya terutama Matematika dalam upaya mengurangi kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika.

        B. TUJUAN PEMBUATAN APLIKASI
       Adapun tujuan dalam pembuatan aplikasi game Math Defense ini adalah:
1.        Meningkatka kecepatan dalam penghitungan taktis Matematika.
2.        Untuk kepentingan edukasi Matematika dan hiburan yang tidak hanya ditujukan bagi anak-anak namun semua umur.
3.        Dengan adanya aplikasi game Math Defense ini akan mengubah cara belajar matematika yang membosakan dan mengerikan akan menjadi menyenangkan.
4.        Meningkatkan minat belajar Matematika bagi siswa.

        C.  PANGSA PASAR
Karena game ini bersifat total dan gratis maka tidak ada persaingan dengan game flash lain.



         D.     KEBUTUHAN SISTEM
Jenis permainan : Arcade
Sistem yang di butuhkan game ini :
Software :
  • ·         Adobe Flash Player 10.0

Untuk Sistem Operasinya :
  • ·         Windows 98, XP, Vista, 7
  • ·         MAC OS 10.X,

 Untuk Perangkat Kerasnya :
  • ·         RAM: 300mb
  • ·         HDD: 30 GB(masing masing 10GB)
  • ·         CPU: Intel P III Mhz / AMD 800 Mhz
  • ·         VGA: Intel,ati radeon,nvidia atau sejenisnya


           E.     NASKAH / ISI CERITA
Pada game ini, terdapat 4 buah lane dengan masing-masing lane terdapat cannon yang siap meluncurkan roket. Selain itu, di tiap lane juga terdapat 5 buah tower penghalang yang membantu pemain dalam mengalahkan monster. Monster akan muncul pada lane secara random dalam jumlah rombongan (wave).
Pemain diminta untuk bertahan selama mungkin dengan menghancurkan semua monster di setiap wave-nya. Pemain akan memilih cannon di lane mana yang akan menembakkan roket. Untuk dapat menembakkan sebuah roket, pemain harus dapat menyelesaikan persamaan matematika pada cannon yang dipilih.

F. STORY BOARD

1. Menu Game, pilih Play Untuk Memainkan

2. Pilih Mode bermain Easy atau Normal















3. Petunjuk Bermain















4. Pilih Level















5. Petunjuk Penyelesainan Level















6. Penampakan Game saat dimainkan















7. Saat level berhasil diselesaikan, Klik next untuk menuju level berikutnya


           G.    RANCANGAN DESAIN
Game ini menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa inggris. Cara memainkannya pun cukup mudah hanya dituntut konsentrasi yang tinggi untuk dapat menyelesaikan persamaan matematika.

           H.     MANUAL BOOK
Petunjuk untuk dapat  memainkan game ini adalah:
                1.      Menu awal
a.       Play : Untuk dapat memulainya klik menu ini
b.      Help : Jika anda kebingungan menu Help menjadi solusi bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara memainkan game ini/pusat bantuan.
c.       Highscore : Berisi deretan score tertinggi yang telah dicapai oleh pemain.
d.      More game : alternatif game lain yang dapat dilihat secara online.
e.       Credit : Berisi daftar nama dari para pembuat game
               2.       Klik play untuk dapat memainkan game nya, pilih mode bermain Easy(mudah) Normal, kemudian klik Ready untuk mulai memainkannya
3        


    3.  Pada game ini, terdapat 4 buah lane dengan masing-masing lane terdapat cannon yang siap meluncurkan roket. Selain itu, di tiap lane juga terdapat 5 buah tower penghalang yang membantu pemain dalam mengalahkan monster. Monster akan muncul pada lane secara random dalam jumlah rombongan(wave).
          4.      Pemain diminta untuk bertahan selama mungkin dengan menghancurkan semua monster di setiap wave-nya. Pemain akan memilih cannon di lane mana yang akan menembakkan roket. Untuk dapat menembakkan sebuah roket, pemain harus dapat menyelesaikan persamaan matematika pada cannon yang dipilih.

           5.        Setiap kali pemain berhasil menghancurkan satu monster, pemain akan mendapatkan bonus gold.Gold ini dapat dipergunakan untuk melakukan upgrade tower, upgrade cannon, repair tower, ataurebuild tower.
           6.      Upgrade Tower dan Upgrade Cannon
             Upgrade Tower dapat dilakukan jika gold yang dimiliki mencukupi cost upgrade tower. Semakin tinggi level suatu tower maka semakin tinggi kemampuan menahan serangan monster. Semakin tinggi level upgrade semakin mahal cost upgrade tower.

              Upgrade Cannon dapat dilakukan jika gold yang dimiliki mencukupi cost upgrade cannon. Semakin tinggi level suatu cannon maka semakin tinggi damage point roket yang diluncurkan dan tingkat kesulitan persamaan semakin tinggi. Semakin tinggi level suatu cannon semakin mahal cost upgrade cannon.
          7.      Repair Tower
               Repair Tower dapat dilakukan jika health point tower tidak 100 persen dan gold pemain mencukupi cost repair tower. Repair tower akan mengembalikan health point tower menjadi 100 persen.
         8.      Rebuild Tower
                Rebuild Tower dapat dilakukan jika tower sudah hancur dan pemain memiliki gold yang mencukupi cost rebuild tower.
          9.      Game Over
                 Permainan berakhir jika monster berhasil menghancurkan semua tower dalam satu lane dan melewati cannon.

      I.    PEMELIHARAAN SISTEM
Game ini tidak memiliki fungsi update nya, namun terdapat pilihan more game yang menyuguhkan game-game sejenis lainnya dan hanya bisa dilihat secara online.

      J.    PENCAPAIAN AKHIR DARI SISTEM

Game ini dibuat sebagai alternatif pembelajaran matematika bagi anak-anak maupun dewasa dan untuk menghilangkan metode pambelajaran matematika yang membosankan. Diharapkan dengan adanya game ini dapat meningkatkan kemampuan dalam penghitungan taktis matematika dan juga dapat meningkatkan minat belajar matematika.

















Ikuti terus Update terbaru dari kami dengan berlangganan rss di RSS feed atau ikuti kami di Twitter.
Nama: Email:

0 comments:

Post a Comment